Legenda Situ Patenggang yang Ada di Bandung – helpmerhondadotcom.com

Bandung merupan kota yang kaya akan objek-objek wisata. Tidak hanya terkenal dengan gadis-gadisnya yang cantik, ternyata Bandung memiliki objek wisata yang sayang untuk dilewatkan. Situ Patenggang merupakan salah satu objek wisata Bandung yang patut Anda kunjungi. Objek wisata ini sendiri berada di sebuah desa yang bernama Patenggang, kabupaten Bandung. Desa yang berada di bawah kaki Gunung Patuha ini berkaita erat dengan kawah putih yang terkenal di kalangan wisatawan. Objek wisata satu ini merupakan objek wisata yang ramai dikunjungi oleh wisatawan pada akhir pekan maupun pada hari libur nasional. Situ Patenggang juga memiliki legenda yang menarik dan tak kalah menariknya dengan objek-objek wisata yang lain.

situpatenggang

Situ Patenggang Bandung yang terkenal di kotanya ini memiliki latar belakang ceruta sejarah yang menarik. Nama situ atau yang berarti danau ini asalnya memiliki dua nama yang berbeda tetapi memiliki filosofi yang menarik. Nama pertama yang pertama kali muncul pada saat pemberian nama danau adalah Situ Patengan dan nama kedua yang akan digunakan sebagai nama danau adalah Situ Patenggang. Meskipun terdengar berbeda, kedua calon nama danau ini memiliki arti yang berkaitan. Kedua nama tersebut awalnya lahir dari sepasang kekasih yang sedang dimabuk cinta. Ki Santang dan Dewi Rengganis berada di dalam legenda tersebut. Kedua sepasang kekasih ini berasal dari keluarga yang berbeda. Jika Ki Santang merupakan keponakan raja Pajajaran, lain halnya dengan Dewi Rengganis yang hanya seorang gadis desa. Meskipun memiliki tingkatan kasta dan jarak yang berbeda, sepasang kekasih ini berjanji untuk bertemu di sebuah batu besar. sang Dewi juga meminta dibuatkan danau dengan sebuah pulau kecil yang berada di tengahnya. Karena rasa cinta Ki Santang, ia pun mengabulkan permintaan sang pujaan hati. Hingga kini, pulau buatan Ki Santang dikenal sebagai Situ Patenggang. Legenda yang ada di objek wisata inilah yang merupakan cial bakal penamaan Situ Patenggang.

Sebagai wisata alam yang ada di kota Bandung, Situ Petenggang dilengkapi dengan sarana dan prasarana yang mampu membuat wisatawan merasa nyaman. Mulai dari penginapan, rumah ibadah, perahu dan toko-toko penjual cenderamata ada di objek wisata Situ Patenggang Ciwidey. Tak mengherankan jumlah wisatawan yang datang ke objek wisata ini bertambah tiap waktunya. Wisatawan yang dapat ke objek wisata satu ini harus menjaga kebersihan guna mendapatkan lingkungan yang bersih dan jauh dari polusi. Suasana yang bersih dan jauh dari sampah dapat membantu meningkatkan jumlah wisatawan yang berkunjung ke objek wisata yang ada di Bandung ini. Jangan ragu untuk berlibur ke Situ Patenggang bersama keluarga demi mendapatkan hubungan yang baik antar anggota keluarga. Buat kalian yang mau liburan dengan harga murah , bisa di coba cek di www.airpaz.com , disana tiketnya jauh lebih murah di banding tetangga lainnya. Semoga pengalaman saya , bisa membantu. Terima kasih.

Tinggalkan komentar