Keindahan Pura Ulun Danu Bratan Bali – helpmerhondadotcom.com

Pura Ulun Danu Bratan

Pura Ulun Danu Bratan atau yang juga dikenal dengan Bratan Pura adalah Candi air yang ada di Bali. Pura ini berada di sebelah barat laut Danau Bratan. Danau Bratan sendiri berada di pegunungan dekat Bedugul. Persisnya lokasi Pura ini berada di desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Provinsi Bali. Posisinya yang berada di ketinggian 1.239 km di atas permukaan air laut, membuat suhu udara kawasan ini cukup sejuk.

Sejarah Pura Ulun Danu Bratan

Sumber sejarah adanya pura ulun danu bratan adalah Lontar Babad Mengwi. Berdasarkan babad tersebut, dahulu seorang bagsawan bernama I Gusti Agung Putu mengalami kekalahan dari I Gusti Ngurah Tumpeng. Ia lalu bertapa di puncak Gunung Mangu untuk bangkit dari keterpurukannya itu. setelah mendapat kekuatan dan pencerahan, ia mendirikan istana Belayu dan berperang lagi sampai akhirnya menang melawan I Gusti Ngurah tumpeng. Sebagai pendiri kerajaan Mengwi, I Gusti Agung Putu lalu mendirikan pura di tepi danau bratan yang kini dikenal sebagai Pura Ulun Danu Bratan. Pendirinan Pura dilakukan sebelum tahun 1556 saka atau 1634 masehi. Pura ini didirikan untuk upacara persembahan bagi Dewi Danu, Dewi Air, danau dan sungai.

Pura Ulun Danu Bratan Bali

Asal nama pura ulun danu beratan dapat ditelusuri dari dua kata yaitu ulun dan danu. Menurut penuturan masyarakat, ulun bermakna hulu, sedangkan danu bermakna danau. Sehingga berdasarkan hal ini, pura ulun bratan dapat diartikan sebagai pura yang berada di hulu sebuah danau. Letak pura yang berada di dataran tinggi membuat suhu udara tempat ini cukup sejuk yaitu berkisar 18 – 22 derajat celcius. Dengan demikian suhu udara dari pagi ataupun siang tidaklah jauh berbeda, sensasi hawa dingin akan Anda rasakan. Inilah pura ulun danu bratan tour yang akan Anda nikmati.

Suasanan yang sejuk di tambah indahnya panorama sekitar pura tentunya membuat tempat ini ramai dikunjungi banyak wisatawan. Di kawasan pura ini juga terdapat beraneka tumbuhan yang memiliki bunga bermekaran sehingga semakin membuat mempesona tempat ini. Saat berkunjung ke sini Anda sebaiknya menyewa kamen atau kain yang biasanya wajib dipakai umat Hindu di Bali. Pura Ulun Danu Bratan sendiri merupakan tempat upacara pemujaan Tuhan. Manifestasinya berbentuk Dewi danu sebagai dewi Kesuburan.

Pura Ulun Danu Bratan Entrance Fee

Jarak yang harus ditempuh untuk mencapai pura danu bratan bali Indonesia ini adalah sekitar 45 km diukur dari pusat kota Tabanan, Bali. Dari Denpasar berjarak 55 km dan sekitar 70 km dari Kuta. Tempat wisata ini buka pada pukul 08.00 – 18.00 WITA. Tetapi ada pengecualian ketika kondisi di sekitar pura berkabut, maka pura akan segera ditutup untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan.

Untuk biaya masuk pura ulun danu bratan sendiri dibedakan atas wisatawan domestic dan manca negara. Bagi wisatawan domestik, tarif anak-anak sebesar Rp 7.500 per orang dan tarif dewasa sebesar Rp 10.000 per orang. Sedangkan bagi wisatawan manca negara, tarif anak-anak sebesar 15.000 per orang dan tarif dewasa sebesar Rp 30.000 per orang.

Description: Pura Ulun Danu Bratan merupakan wisata tepat ibadah umat Hindu yang terkenal di Bali. Suasana yang sejuk dan keindahan panorama sekitar pura menjadi daya tarik bagi wisatawan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s